Rabu, 09 Februari 2011

PROPOSAL PENELITIAN PENGARUH WAKTU INOKULASI PENYAKIT LALAT PENGGOROK DAUN Liriomyza sp. (DIPTERA:AGROMYZIDAE) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TAN


FACEBOOK SAYA :
KLIK DISINI 


METODE ILMIAH
PROPOSAL PENELITIAN

PENGARUH WAKTU INOKULASI PENYAKIT LALAT PENGGOROK DAUN
Liriomyza sp. (DIPTERA:AGROMYZIDAE)
TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI







NAMA : PRASETYO SIAGIAN
NIM : D1A009112


AGROEKOTEKNOLOGI
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS JAMBI
2010




I.PENDAHULUAN

1.1.Latar belakang

Kedelai merupakan bahan baku makanan yang bergizi seperti tahu dan tempe. Hampir semua lapisan masyarakat menyukai makanan yang terbuat dari kedelai. Bagi petani, tanaman ini penting untuk menambah pendapatan karena dapat segera dijual dan harganya tinggi.

Kedelai merupakan tanaman asli Daratan Cina dan telah dibudidayakan oleh manusia sejak 2500 SM. Sejalan dengan makin berkembangnya perdagangan antarnegara yang terjadi pada awal abad ke-19, menyebabkan tanaman kedalai juga ikut tersebar ke berbagai negara tujuan perdagangan tersebut, yaitu Jepang, Korea, Indonesia, India, Australia, dan Amerika. Kedelai mulai dikenal di Indonesia sejak abad ke-16. Awal mula penyebaran dan pembudidayaan kedelai yaitu di Pulau Jawa, kemudian berkembang ke Bali,Nusa Tenggara, dan pulau-pulau lainnya.

Pada awalnya, kedelai dikenal dengan beberapa nama botani, yaitu Glycine soja dan Soja max. Namun pada tahun 1948 telah disepakati bahwa nama botani yang dapat diterima dalam istilah ilmiah, yaitu Glycine max (L.) Merill. Klasifikasi tanaman kedelai sebagai berikut :

Divisio : Spermatophyta
Classis : Dicotyledoneae
Ordo : Rosales
Familia : Papilionaceae
Genus : Glycine
Species : Glycine max (L.) Merill

Lalat pengorok daun (Liriomyza sp.) ditemukan menginfestasi tanaman kedelai pada tahun 2007. Larva lalat pengorok daun merusak daun kedelai dengan membuat liang korokan beralur warna putih bening pada bagian mesofil daun dan berpotensi menurunkan hasil hingga 20%. Selain pada kedelai, gejala serangan yang sama juga ditemukan pada kacang hijau, kacang tunggak, kacang panjang, komak, kacang adzuki, buncis, dan 42 jenis tanaman lainnya termasuk gulma. Empat spesies lalat pengorok daun yang diketahui menginfestasi tanaman kedelai adalah L. sativae, L. trifolii, L. huidobrensis, dan L. bryoniae. Pengendalian kimia dapat menimbulkan masalah karena lalat memiliki kemampuan genetik yang tinggi untuk menjadi tahan terhadap insektisida kimia.Pada habitat aslinya (subtropis), Liriomyza sp. tergolong serangga berstrategi-r, yaitu memiliki kemampuan reproduksi tinggi, cepat mengkoloni habitat, dan kisaran inangnya luas. Habitat tropis dengan ketersediaan tanaman inang sepanjang tahun dan penggunaan insektisida kimia yang kurang bijaksana memungkinkan lalat pengorok daun menjadi hama penting pada kedelai. Pada habitat alaminya, populasi lalat pengorok daun rendah akibat pengendalian alami oleh parasitoid dan predator, salah satunya adalah parasitoid Hemiptarsenus varicornis. Oleh karena itu, perlu disiapkan teknologi pengendalian yang lebih memberdayakan peran musuh alami daripada insektisida kimia. Makalah ini menelaah gejala dan akibat serangan lalat pengorok daun, spesies dan biologi, tanaman inang, musuh alami, pemantauan, dan rekomendasi pengendaliannya.

Gejala berupa liang korokan beralur warna putih bening pada bagian mesofil daun, belakangan ini banyak ditemukan pada daun tanaman kedelai di Indonesia. Jumlah alur korokan pada satu daun kedelai bervariasi, bergantung pada jumlah larva yang menetas. Pada serangan lanjut, liang korokan berubah warna menjadi kecoklatan dan di dalamnya larva berkembang. Gejala tersebut merupakan ciri khas serangan lalat pengorok daun, Liriomyza sp. (Diptera: Agromyzidae).

Hingga tahun 2007, Liriomyza sp.belum dinyatakan sebagai hama pada tanaman kedelai di Indonesia (Tengkano dan Soehardjan 1985; Marwoto dan Hardiningsih 2007; Baliadi et al. 2008),walaupun pada tahun 2005 gejala serangannya pada tanaman kedelai telah ditemukan di Sumatera Selatan (Tengkano et al. 2006), Jawa Timur, Jawa Barat, Bali,dan Lombok (Tengkano et al. 2006;Tengkano 2007). Empat spesies lalat pengorok daun yang menginfestasi tanaman kedelai di Asia Tenggara adalah L. sativae, L. trifolii, L. huidobrensis, dan L. bryoniae (Tokumaru dan Abe 2006). Hofsvang et al. (2005) menyatakan bahwa L. sativae adalah spesies yang invasive pada tanaman kedelai di Asia Tenggara.Tanaman kedelai yang terserang pada stadia awal rentan terhadap penyakit tular tanah yang disebabkan oleh Sclerotium rolfsii dan Rhizoctonia solani. Serangan berat dapat menyebabkan daun kedelai gugur lebih dini (Baliadi 2009). Laju fotosintesis daun yang terserang Liriomyza sp. menjadi rendah (Trumble et al. 1985) dan liang korokan berfungsi sebagai prekursor serangan patogen cendawan (Price dan Harbaugh 1981) dan virus (Zitter dan Tsai 1977). Oleh karena itu, Liriomyza sp. berpotensi menjadi hama penting pada tanaman kedelai. Saat ini, informasi mengenai dampak serangan lalat pengorok daun pada tanaman kedelai di Indonesia sangat terbatas. Kurangnya penelitian tentang lalat pengorok daun pada tanaman kedelai menyebabkan belum diketahuinya tingkat kerusakan serangan hama ini dan pengaruhnya terhadap hasil panen.

Gejala serangan lalat pengorok daun pada tanaman kedelai mudah dikenali dengan adanya liang korokan beralur warna putih bening pada bagian mesofil daun. Apabila liang korokan tersebut dibuka, akan terlihat larva yang aktif bergerak. Larva hidup dan makan di dalam liang korokan. Pada satu helaian daun kedelai dapat dijumpai lebih dari satu liang korokan. Pada serangan lanjut, warna liang korokan berubah menjadi kecoklatan, daun layu, dan gugur

Imago lalat pengorok daun menusukkan opivositornya pada daun-daun muda,walaupun gejala juga muncul pada daun - daun yang muncul berikutnya (Baliadi2009). Reed et al. (1989) menyatakan, serangan imago L. cicerina pada kacang arab (Cicer arietinum) menimbulkan gejala bintik-bintik pada daun.

Gejala serangan larva lalat pengorok daun menyebar pada semua bagian tajuk tanaman kedelai, baik tajuk atas, tengah, maupun bawah. Namun, gejala serangan lebih banyak dijumpai pada daun/tajuk bagian bawah. Jumlah dan umur daun mempengaruhi kerapatan larva pada tanaman (Baliadi 2009). Purnomo et al. (2003) mengemukakan bahwa larva lebih banyak dijumpai pada tajuk bagian bawah tanaman kacang endul.

Kerusakan yang disebabkan oleh Liriomyza sp. pada tanaman dibedakan menjadi dua, yakni kerusakan langsung dan tidak langsung. Kerusakan langsung disebabkan oleh perilaku makan larva. Aktivitas larva dapat menurunkan kapasitas fotosintesis tanaman (Trumble et al. 1985). Kerusakan tersebut terjadi pada jaringan palisade daun saat larva membuat liang korokan serpentin. Serangan berat mengakibatkan desikasi dan pengguguran daun lebih dini. Kehilangan hasil akibat korokan pada kedelai berkisar antara 15− 20% (Baliadi 2009). Kerusakan tidak langsung terjadi karena tusukan-tusukan pada permukaan daun menyebabkan tanaman kedelai rentan terhadap serangan patogen tular tanah. Hal serupa terjadi pada tanaman kacang hijau (Baliadi 2009). Price dan Harbaugh (1981) melaporkan bahwa serangan Pseudomonas cichorii meningkat pada tanaman krisan yang terserang L. trifolii. Sementara itu Zitter dan Tsai (1977) menyatakan virus mosaic kedelai juga dapat ditularkan oleh Liriomyza.Data tentang tingkat kerusakan pada tanaman kedelai diperlukan sebagai dasar dalam menentukan tindakan pengendalian. Penentuan nilai ambang ekonomi atau ambang merusak cukup sulit karena hubungan antara kerapatan populasi lalat dan kerusakan daun dengan penurunan hasil panen dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu musim, cara budi daya, dan kerentanan tanaman inang. Ambang merusak L. bryoniae pada tanaman tomat adalah 15 liang korokan per daun (Ledieu dan Heyler 1982). Jumlah liang korokan 30 dan 60 buah/daun dapat menurunkan hasil tomat masing-masing 10% dan 20%.


1.2.Tujuan penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari respon tanaman cabai merah ( C.annum L.) pada fase pertumbuhan dan perkembangan terhadap serangan lalat pengorok daun, liriomyza sp. (diptera:agromyzidae).

1.3.Kegunaan penelitian
Penelitian dapat digunakan sebagai bahan infornasi perlindungan bagi pihak – pihak yang membutuhkan dalam melakukan pegendalian pathogen khususnya lalat pengorok daun, liriomyza sp. (diptera:agromyzidae).
Dan salah satu syarat dalam pemberian nilai pada mata kuliah metode penulisan ilmiah.
1.4.Hipotesis
Adanya perbedaan respon tanaman cabai merah (C.annum L.) pada fase pertumbuhan dan perkembangan akibat serangan lalat pengorok daun, liriomyza sp. (diptera:agromyzidae).

II.METODE PENELITIAN

2.1.tempat dan waktu penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Hama Penyakit Tanaman dan Rumah Kaca fakultas Pertanian Universitas Jambi selama . . . . .sampai . . . 2009

2.2.Bahan dan Alat
Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Liriomyza sp.yang diambil dari lapangan,pupuk kandang ,pasir dan tanah ,kain kasa,gelas aqua ukuran 220 ml ,benih kacang kedelai varietas local.
Alat – alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah polybag ukuran 5 kg,stoples, timbangan, kuas kecil , kelambu,meteran dan ayakan tanah.

2.3.rancangan penelitian
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap ( RAL ),yang terdiri atas 4 perlakuan yaitu :
A0 : Tanaman control
A1 :tanaman kedelai di infes dengan lalat pengorok pada umur 10 hari setelah semai.
A2 :Tanamn kedelai diinfes dengan lalat pengorok sebanyak 5 ekor pada umur 10 hari setelah
Tanam
A3 :Tanamn kedelai diinfes dengan lalat pengorok sebanyak 5 ekor pada umur 10 hari setelah
Muncul pembungaan pertama.
Masing – masing perlakuan sebanyak 6 kali sehingga terdapat 24 unit percobaan.

2.4. Pelaksanaan penelitian
2.4.1.pengadaan lalat penggorok
Lalat pengorok daun (Liriomyza sp.) didapat dari pertanaman tanaman kedelai di d
aerah jaluko . kemudian di simpan dalam toples selama 2 minggu dan pakan nya diganti setiap hari .

2.4.2,Penyemaian benih kedelai
Benih disemai pada gelas aqua ukuran 220 ml ,yang berisi tanah,pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 2:1:1 dalam satu gelas tersebut di tanam 3 benih sampai 10 hari setelah semai.

3.4.3 persiapan media tanam
Media tanam terdiri dari tanah , pasir, dan pupuk kandangdengan perbandingan 2:1:1.setelah itu dimasukkan kedalam polybag ,masing – masing polybag diisi dengan 5 kg media.

3.4.3 penanaman tanamn kedelai
Setelah bibit berumur 14 hari,dan bibit – bibit dipindahkan ke polibag yang sudah diisi dengan media tanam,masing – masing dengan membuat lubang tanam memakai tugal dengan kedalaman antara 1,5 – 2 cm. Setiap lubang tanam diisi sebanyak 3 – 4 biji dan diupayakan 2 biji yang bisa tumbuh.




3.4.5 pelepasan Lalat pengorok daun (Liriomyza sp.) pada tanaman kedelai
Lalat pengorok daun (Liriomyza sp.) di infeksikan pada tanaman kedelai sesuai dengan perlakuan ,dimana pelepasan lalat penggorok dilakukan saat tanaman berumur 10 hari pembibitan,10 hari pembibitan setelah tanam dan 10 hari pembibitan setelah muncul bunga pertama kemudian diamati sampai produksi pertama.

3.4.6. uji hayati
Uji hayati dilakukan untuk memastikan ada tidaknya liang korokan beralur warna putih bening pada bagian mesofil daun. Uji ini dilakukan dengan cara menginfeksi lalat penggorok daun yang diambil dari perlakuan .


3.5. pengamatan
3.5.1. intensitas serangan
Pengamatan tingkat serangan dilakukan setelah timbulnya gejala pertama pada tanaman. Pengamatan dengan interval waktu 2 hari sampai produksi pertam .menrut Feronika (2001). Intensitas serangan dihitung berdasarkan skala penyakit yang telah dimodifikasi sebagai berikut :
0: tidak ada gejala serangan
1: <25% daun yang memperlihatkan gejala

2:25%3:semua daun yang memperlihatkan gejala .

Berdasarkan intensitas penyakit dengan menggunakan rumus sebagai berikut :

IP = (∑_█(@0-3)▒〖ni.ki〗)/(N.Z) X100%


Keterangan :
Ip adalah intensitas penyakit
Ki adalah tanaman yang terserang penyakit dengan skala n ( n =0,1,2,3)
N adalah jumlah tanaman yang ditanam polibag 
Z adalah skala penyakit tertinggi.


3.5.2. Persentase tanaman yang terserang 
Persentase tanaman yang terserang dihitung setelah produksi pertama dengan menhitung jumlah tanaman yang terserang dibagi dengan jumlah tanaman kesulurahan dikali 100% atau

P = Q/R X 100 %

keterangan : P adalah persentase tanaman yang terserang 
Q adalah jumlah tanaman yang terserang 
R adalah jumlah tanaman keselruhan

3.5.3.Tinggi tanaman
Batang tanaman kedelai diukur dari pangkal batang sampai ujung tertinggi dari tanaman.Dengan mengukur tinggi tanaman mulai dari tanaman 10 hari pembibitan setelah perlakuan samapi berproduksi pertama.




3.5.5.Analisa data 
Untuk mengetahui pengaruh perlakuan, maka data yang diperoleh dari hasil pengamatan dianalisis secara statistic dengan menggunakan analisis ragam dan dilanjutkan dengan uji Duncan new Multiple Range Test ( DnMRT ) Pada taraf 5%



















LAMPIRAN
Peta petak tanah


















A 0 1 pengulangan


Perlakuan perbandingan




DAFTAR PUSTAKA

Jurnal Litbang Pertanian, 11 januari 2010 LALAT PENGOROK DAUN, Liriomyza sp. (DIPTERA:AGROMYZIDAE), HAMA BARU PADA TANAMANKEDELAI DI INDONESIA,Yuliantoro Baliadi dan Wedanimbi Tengkano

Rukmana, S. K. dan Y. Yuniarsih. 1996. Kedelai, Budidaya Pasca Panen. Penerbit Kanisius. Yogyakarta. 92 hal. 


Hidayat, O. D. 1985. Morfologi Tanaman Kedelai. Hal 73-86. Dalam S. Somaatmadja et al. (Eds.). Puslitbangtan. Bogor. 

Samsudin, H. 2008. Sebaran Hemiptarsus,varicornis (Girault) (Hymenopetra: Eulo-pidae) parasitoid larva Liriomyza spp.Lembaga Pertanian Sehat. http://www.pertaniansehat.or.id [2 April 2009].

1 komentar:

  1. Saya juga anak UNJA,

    Kalau boleh bertanya, apa dasarnya menggunakan lama waktu???

    Sebab, gimana jika meneliti dengan perlakuan banyak populasinya???

    BalasHapus